Wednesday 16 December 2009

Mau berteman dng SETAN dari 7 DOSA POKOK MANUSIA??

YANG MANA YG PALING DEKET SAMA LOE??

1. Kesombongan

Kesombongan merupakan hasrat yang berlebihan untuk menonjolkan keunggulan diri sendiri. Orang yang sombong biasanya mengira mempunyai sesuatu yang baik dari dirinya sendiri, dari kemampuannya sendiri. Mereka juga mengira sesuatu kebaikan diberikan karena jasa-jasanya sendiri, berbangga-bangga mempunyai sesuatu yang sebetulnya tidak dimilikinya, dan menganggap diri lebih unggul dan mempunyai lebih banyak daripada orang lain, mengira mempunyai bakat-bakat yang lebih daripada orang lain, sehingga menghina atau memandang rendah orang lain. Kesombongan memiliki setan bernama Lucifer


2. Iri hati

Iri hati merupakan kesedihan atas hal-hal baik yang dinikmati orang lain, yang dianggap membahayakan diri sendiri oleh sebab hal-hal baik tersebut memudarkan keunggulan atau kemasyhuran diri. Orang yang iri hati memiliki sifat suka tidak tahan kalau ada orang lain yang melebihi dia, tidak senang pada keberhasilan orang lain, senang bila melihat orang lain jatuh atau gagal, dan suka menjatuhkan nama baik orang lain dan menjelekkan orang lain. Iri hati memiliki setan bernama Leviathan.


3. Percabulan/hawa nafsu (buat yang demen BB )

Hawa nafsu merupakan hasrat yang berlebihan akan kenikmatan seksual. Mereka biasanya dibutakan oleh nafsu seksnya, sehingga tenggelam di dalamnya, ia hampir-hampir tidak percaya bahwa ada kenikmatan dan kebahagiaan lain selain kenikmatan daging ini. Fantasi mereka dipenuhi oleh gambaran-gambaran yang tidak senonoh, akibatnya ia tidak mampu mengangkat hatinya kepada yang ilahi dan damai batinnya hilang sama sekali, dan sering dikejar rasa bersalah, tidak bisa menerima dirinya sendiri, bahkan jatuh dalam pergaulan bebas dan aborsi, homo/lesbi, dll. Hawa nafsu memiliki setan bernama Asmodeus.


4. Kemarahan

Kemarahan merupakan hasrat yang berlebihan untuk membalas dendam. Orang yg memiliki dosa ini biasanya cepat emosi, bahkan untuk hal-hal yang kecil sekalipun, mengungkapkan emosi dengan perkataan atau perbuatan yang menyakiti hati orang lain tanpa pikir panjang. Kemarahan memiliki setan bernama Satan.


5. Kemalasan

Orang yang malas biasanya suka menganggur, suka melalaikan tugasnya, bersikap sembrono dan tidak bertanggung jawab, tidak menyelesaikan tugas/pekerjaan pada waktunya, tidak ada kerapian dan kebersihan, mencari istirahat melampaui batas, suka menunda-nunda tugas, dan tidak disiplin. Kemalasan disini juga termasuk kemalasan dalam melakukan kegiatan rohani, seperti malas berdoa. Kemalasan memiliki setan bernama Belphegor.

6. Kerakusan (buat yang makan sekali 10 piring )

Kerakusan merupakan hasrat yang berlebihan akan makanan dan minuman. Kerakusan berbahaya bagi kesehatan mental maupun fisik, dan kerap kali menyembunyikan bahkan masalah rohani yang lebih dalam. Orang perlu melatih keutamaan penguasaan diri guna mencegah kerakusan. Juga, orang hendaknya ingat akan konsekuensi fisik atas penyalahgunaan makanan dan minuman; misalnya, minum berlebihan dapat menghantar orang pada kecanduan alkohol. Akhirnya, orang hendaknya senantiasa ingat akan mereka yang kurang beruntung dan yang menderita akibat kekurangan makanan dan minuman yang layak. Kerakusan memiliki setan bernama Beelzebub.

7. Ketamakan/kekikiran/keserakahan

Ketamakan merupakan cinta yang berlebihan akan harta milik atau kekayaan. Seorang, terdorong oleh keserakahan, sibuk mendapatkan dan mendapatkan terlebih banyak lagi harta kekayaan. Seorang yang tamak terikat bergitu rupa pada kekayaan dan harta milik sehingga pengumpulan dan penimbunan harta kekayaan menjadi tujuan utama hidup dan mendapatkan prioritas di atas orang maupun segala hal lainnya. Ketamakan memiliki setan bernama Mammon.

Share

No comments:

Post a Comment