Wednesday 15 December 2010

Apa kata INDOLEAKS tentang KASUS BANK CENTURY??


Jakarta, seruu.com - Situs pembocor rahasia yang menyerupai situs ternama Wikileaks mengeluarkan bocoran baru, kali ini terkait dengan kasus Century. Indoleaks, hari ini merilis dokumen berjudul 'Hasil Investigasi Bank Century' sebagai bocoran terbaru dari situs yang menyatakan dirinya sebagai jawaban kebuntuan informasi di Indonesia.

Pengunjung dapat mendownload atau membuka dokumen tersebut dengan mengunjungi www.indoleaks.org ataupun melihatnya melalui http:// www.slideshare.net .
Dokumen Century yang dipublikasikan oleh Indoleaks berupa copy dari dokumen asli dan masih memuat paraf pada setiap halaman sebagai fungsi checker pejabat berwenang. Keasliannya memang belum dapat dipastikan namun dari tampilan hasil scanning yang dimuat kemungkinan besar dokumen tersebut benar salinan dari asli.

Berbeda dengan Wikileaks yang jelas mencantumkan nama pendiri, Indoleaks sengaja menanyembunyikan identitasnya dari publik. Tujuan mereka menampilkan semua bocoran adalah untuk memecahkan kebuntuan informasi selama ini.

“Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia. Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks,” ujar pengelola Indoleaks.Net dalam situsnya.

Disebutkan pula, Indoleaks.Net akan memberikan informasi-informasi yang menjadi hak masyarakat yang selama ini mengalami kebuntuan. “Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri. Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi,” ujarnya lagi.

Pengelola Indoleaks.Net juga menyebutkan sejumlah kriteria penerbitan dokumen negara itu, diantaranya dokumen itu adalah orisinil bukan opini, sumbernya anonim dan memiliki kepentingan publik. [ms]

No comments:

Post a Comment