Thursday 26 April 2012

Inilah Dampak Inflasi Terhadap Investasi


Tabungan Kita Akan Menyusut Akibat Dari Inflasi

Saya baru saja membaca berita di Yahoo, menurut laporan Bank Dunia, jika pemerintah jadi menaikkan harga BBM, maka tingkat inflasi di Indonesia akan naik sampai 8,5%. Naiknya harga BBM akan mengakibatkan harga barang dan jasa naik, sementara nilai rupiah masih tetap. Tingkat inflasi saat ini masih 4% berdasarkan data yang saya cek di situs bank indonesia. Namun jangan kaget bila suku bunga kredit pinjaman dalam tempo dekat akan naik lebih tinggi dari yang sekarang.

inflation


Yang memprihatinkan adalah mereka yang menabung di bank. Dengan tingkat bunga tabungan yang saat ini hanya 5%, maka masyarakat yang menabung bukannya untung tapi malah buntung. Secara riil uang mereka tidaklah bertambah, melainkan akan semakin berkurang dari tahun-ketahun bila tingkat inflasi benar-benar mencapai 8,5%.

Bagi Anda yang ingin mengetahui inflasi secara lebih dalam, berikut ada sebuah video yang menarik untuk bahan pembelajaran :



Dalam laporan Bank Dunia yang dilansir Reuters, tingkat inflasi dapat mencapai 5,4% tahun ini jika pemerintah terus mempertahankan harga BBM bersubsidi pada level saat ini berada, tetapi langkah tersebut akan menyebabkan defisit anggaran sebesar 3,1% dari PDB dibandingkan dengan 2,5% bila harga bahan bakar naik.

Kita sebagai rakyat kecil janganlah berpikir besok akan makan apa, tetapi kita harus berpikir cara bagaimana agar uang kita tidak tergerus pengaruh inflasi terhadap investasi. Kita harus mencari secara terus menerus investasi atau bisnis lain yang profitnya melebihi nilai inflasi yang sebesar 8,5%.

Pilihan investasi saat ini sangat banyak sekali, anda bisa pilih dari emas, properti, bisnis franchise ataupun trading. Tentunya itu kembali ke pribadi masing-masing. Dan karena kebetulan kita adalah trader, maka setidaknya berita yang saya tulis diatas harus membangkitkan semangat kita untuk semakin disiplin dalam trading dan konsisten meraih profit.

Keep profit by not relying on a single source of income
sumber

No comments:

Post a Comment