Thursday, 3 February 2011

TuiTwit,Twitter Mobile Web Client Buatan Indonesia.

Ada banyak aplikasi Twitter client versi mobile web yang digunakan pengguna Twitter saat ini , Sebut saja Dabr (http://dabr.co.uk), Slandr (http://m.slandr.net), Tweetie (http://m.tweetie.net), atau situs web mobile dari Twitter sendiri, (http://m.twitter.com) . Tapi semua itu produk impor . Nah disini saya cuman pingin memperkenalkannya lagi buat para kaskuser yg belum tau tentang mobile web client buatan indonesia ini

http://4.bp.blogspot.com/_8X6z9gx3D8w/Sx-c0TUx2AI/AAAAAAAAAWo/GQtodRjovqA/s200/44.JPG
Twitter kini merajalela!
Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, wartawan, aktifis, artis Hollywod maupun lokal, sampai pejabat negara pun sudah menggunakan layanan microblogging ini dalam keseharian mereka.
Bahkan saking banyaknya pengguna twitter, banyak developer bermunculan membuat aplikasi atau layanan yang terintegrasi dengan twitter.
Ya, seperti TuiTwit ini. Si pelayan twitter mobile buatan Indonesia.
TuiTwit yang beralamat di m.tuitwit.com ini dirilis beta sejak pertengahan Oktober 2009. Dan ternyata, minat pengguna twitter di Indonesia cukup bagus.
Mungkin karena wajah Twitter Mobile (m.twitter.com) yang kurang bersahabat. Dalam artian, user tidak diberikan fitur yang maksimal disana sehingga memperlambat user ketika ngetweet. Seperti misalnya ketika anda ingin me ReTweet (RT) sebuah tweet, dengan Twitter Mobile anda harus melakukannya dengan mengkopi paste tweet secara manual.
Merepotkan!

http://3.bp.blogspot.com/_8X6z9gx3D8w/Sx-c0MYtilI/AAAAAAAAAWY/LbWmbMDPkQ0/s200/22.JPG
Pada awalnya saya membandingkan beberapa layanan mobile twitter client yang sudah ada di internet. Sebut saja dabr.co.uk, m.slandr.net, atau m.tweete.net. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, terlebih ketika produk – produk tersebut digunakan di pasar lokal seperti Indonesia.
Oleh karena itu lah saya kemudian iseng untuk membuat sebuah layanan twitter mobile web client dengan rasa lokal, yang cukup tangguh dengan fitur lengkapnya dan dibekali dengan scene yang sama di Indonesia, yakni tidak semua mobile user menggunakan gprs unlimited (baca: masalah besar kecil penggunaan pulsa). Di TuiTwit, user bisa mengkustom seberapa banyak tweet yang dia dapatkan dalam satu halaman, dan juga bisa menonaktifkan penggunaan avatar yang cukup menguras pulsa.

http://dailysocial.net/wordpress/wp-content/uploads/2010/01/tuitwit.png
Berikut ini fitur tambahan yang saya sediakan di TuiTwit :- Retweet- Reply To All, berguna ketika ingin me-mentions semua user yang ada di dalam sebuah tweet.- Otomatis mendeteksi lokasi user yang menggunakan fitur GeoLoc dari Twitter.Biasanya pengguna UberTwitter selalu mengupdate lokasi mereka karena perangkatBlackBerry dilengkapi dengan GPS, dan disinilah fitur Tuitwit sangat berperan.TuiTwit akan mendetek secara otomatis lokasi user twitter dan memberikan posisi merekadengan jelas.- Manual Update Location. Tanpa perlu memiliki GPS atau ponsel canggih, anda bisa ikutmemberikan update posisi anda seperti pengguna UberTwitter di BlackBerry. Selain itu, anda pun bisa menshare sebuah lokasi kepada twitter follower anda dengan mudah.
Cukup lengkap bukan?
Sekarang marilah dukung produk buatan Indonesia dengan menggunakan TuiTwit.com sebagai Twitter Mobile Web Client anda dan bergabung dengan 350-an pengguna TuiTwit lainnya.

Fitur menarik yang dimiliki Tuitwit antara lain Twitter oAuth, fitur login lewat situs resmi Twitter.com. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu khawatir akan keamanan datanya. Pasalnya, pengguna akan dikoneksikan ke Twitter untuk melakukan otorisasi, kemudian dialihkan kembali ke Tuitwit setelah proses berhasil. Proses login tetap dilakukan di situs web Twitter.

Ada lagi fitur Emoticons. Berbagai macam emoticon dari Kaskus dan Parampaa Land (lokal) disediakan di Tuitwit. Dari emoticon statis sampai yang beranimasi. "Sejauh ini belum ada Twitter client yang dilengkapi emoticon, termasuk situs resmi Twitter sendiri," ujarnya.

Tak kalah menarik adalah Long Tweet. Sementara setiap tweet Twitter dibatasi cuma 140 karakter, Tuitwit malah menyediakan fitur Long Tweet--pengguna bisa menulis sepanjang apa pun tanpa batasan karakter. Setiap tweet yang melebihi 140 karakter akan langsung dipotong dan disisipkan sebuah link tambahan berisi tweet yang sebelumnya terpotong. Selain oleh Tuitwit, fitur ini dimiliki UberTwitter.

Pengguna juga bisa meng-update lokasi saat "ngetweet". Ini karena Tuitwit dilengkapi fitur Manual Geo Location untuk meng-update lokasi. Tak perlu ponsel mahal atau yang dilengkapi GPS, pengguna bisa meng-update lokasi di mana saja saat "ngetweet". Biasanya Twitter client di ponsel pintar dengan GPS memiliki fitur update lokasi otomatis.

"Dengan Tuitwit, fitur update lokasi ini dilakukan manual. Cukup ketik 'loc' untuk daerah dan negara, maka lokasi sudah berubah." Tuitwit juga dilengkapi GoogleMap integrating untuk mendapatkan info lokasi terakhir seorang pengguna Twitter.

Yang paling menarik adalah Mute. Di antara Twitter client yang ada, baru Tuitwit yang punya fitur ini. Pengguna tak akan lagi melihat tweet dari teman yang annoying atau "banyak omong". "Kadang ada teman yang 'berisik' di Twitter, isi tweet-nya enggak penting, tapi enggak enak kalau harus unfollow dia. Simpel, buka profil Twitter orang itu lewat Tuitwit, lalu tekan tombol Mute. Dia akan terbungkam sampai Anda melakukan unmute," ujarnya. Jangan khawatir, si teman kita itu tak akan tahu kalau dia "dibungkam".

Terakhir adalah fitur Who Is Not Following You Back--untuk mengetahui siapa saja teman di Twitter yang tidak mem-follow balik kita. Judo mengklaim Tuitwit jauh lebih komplet dan bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, jika saat ini mendominasi pengguna Twitter mobile di Indonesia, "Saya harap Tuitwit juga bisa mendominasi pengguna Twitter Asia dan dunia," kata dia.

Perbandingan TuiTwit dengan mobile web client lainnya bisa di liat disini WapReview

1 comment:

  1. setaw w udh ga bisa dpke unLimited carakternya :((

    ReplyDelete