Wednesday 13 April 2011

9 TIPS menjaga anak-anak tetap aman di dunia maya !



PopTernet - Sebuah kewajiban bagi orang tua untuk menjaga anak-anak dari bahaya yang mengintai baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Sejumlah kiat di bawah ini ditujukan bagi pihak orang tua untuk menjaga si buah hati tetap jauh dari dampak buruk internet.

1. Masuklah ke dunia online mereka

Keterlibatan orang tua di kehidupan online anak-anak sangat penting apalagi mengingat anak-anak kini akrab dengan internet. Selayaknya kamu mengenal lingkup gerak mereka, pastikan juga kamu mengenal ‘taman bermain’ mereka yang lain. Pastikan mereka berselancar di dunia maya dengan aman.

2. Buatlah Aturan

Kebebasan yang tak ada batasnya dalam kegiatan online akan membawa dampak buruk bagi anak-anak. Akan lebih baik jika kamu membuat aturan mengenai lamanya waktu online dan situs-situs apa saja yang boleh atau tidak boleh mereka kunjungi.

Kamu bisa membicarakannya dulu dengan mereka, termasuk membicarakan mengenai konsekuensi jika mereka melanggar aturan tersebut. Pasang aturan itu di dekat komputer agar mereka selalu ingat.

3. Ajarkan Mereka Untuk Melindungi Privasi

Anak-anak tidak sepenuhnya sadar mengenai konsekuensi mengumbar informasi-informasi pribadi. Nah, tugas kamu-lah untuk membuat anak-anak tahu mengenai sejumlah tindakan seperti :
Jangan pernah memberikan nama, nomer telepon, alamat email, alamat rumah, sekolah atau foto tanpa ijinmu.
Jangan pernah membuka email dari orang yang tidak dikenal.
Jangan merespon pesan yang mengganggu.
Jangan bertemu dengan orang yang dikenal melalui internet.

4. Jangan Abaikan Lokasi

Alih-alih membiarkan anakmu memakai komputer di kamar pribadi, tempatkanlah komputer di tempat umum. Hal ini akan memudahkanmu untuk memonitor penggunaannya.

5. Jadilah Sahabatnya

Anjurkan anakmu untuk memberitahumu jika mereka menjumpai hal-hal yang membuatnya tak nyaman. Yakinkan dia bahwa kamu tidak akan berlebihan, menyalahkannya atau melarangnya berinternet ria.

6. Bekerjasama dengan ISP

Jika memungkinkan, bekerjasamalah dengan penyedia layanan internet (ISP) kamu. Biasanya mereka memiliki parental control gratis yang bisa membatasi pengaksesan anak-anak ke situs-situs tertentu. Software-software parental control juga banyak tersedia di internet secara gratis.

7. Maksimalkan Browsermu

Apabila ISP-mu tidak memiliki kemampuan di atas, kamu masih memiliki opsi aman dalam berinternet di browsermu. Misalnya jika kamu memakai Internet Explorer, program Content Advisor bisa kamu jumpai di Tools > Internet Options > Content. Ia akan menyaring bahasa, seks dan kekerasan yang ada di internet.

8. Setting Mesin Pencarimu

Search engine (mesin pencari) seperti Google menawarkan penyaringan yang bisa diklik di Preferences/SafeSearch Filtering. Saat ia diaktifkan, ia mampu memblokir situs yang memuat konten seksual.

9. Kenali Situs yang Aman untuk Usianya

Kamu bisa mencari situs-situs yang cocok untuk usia anakmu dengan konten yang bervariasi seperti tentang film, musik, sejarah, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.

Nah, itulah tips agar anak juga mulai menerapkan pola Internet Sehat. Dan, untuk para orang tua, tips-tips tadi selayaknya mulai diterapkan di keluarga. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment