Wednesday 29 September 2010

[KISAH SUKSES] Dari Implementasi BUKU THE SECRET !


Sebelumnya saya ulas sedikit buku The Secret karangan Rhonda Byrne. Intinya buku ini mengungkap rahasia orang2 sukses di masa lalu & sekarang dengan hukum tarik-menarik (the law of attraction). Menurut Rhonda, semua orang sukses mengetahui rahasia sukses. Mereka memahami hukum tarik-menarik. "Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup Anda ditarik oleh Anda ke dalam hidup Anda. Dan segala sesuatu itu tertarik ke Anda oleh citra-citra yang Anda pelihara dalam benak. Oleh apa yang Anda pikirkan”. Akhirnya, citra2 tsb yg akan menjadi kenyataan dalam hidup anda. Artinya jika anda masukkan citra negative di otak (sengaja/tidak sengaja) maka yg akan terjadi adalah kehidupan yg negative. Begitu juga sebaliknya (dan inilah rahasia orang2 sukses yg memasukkan sebanyak2nya unsure positif dalam dirinya) sehingga kehidupannya jd positif pula.

Catatan saya saat membaca buku ini adl tidak ditemukannya campur tangan Tuhan. ‘Seolah-olah’ Rhonda ingin mengesampingkanNya serta merubahnya menjadi ‘semesta’. Hal tsb bisa dimaklumi krn bagaimanapun sebuah karya tidak luput dari latar belakang pengarangnya. Jika anda membaca sebuah buku2 John C. Maxwell, Peter F Drucker, dll maka anda akan temuin banyak isi dari Kitab Nasrani. Buku2 Mario Teguh walau tidak explicit mencantumkan ayat2 Quran tapi kental bgt nuansanya. Begitu juga dengan pengarang yg berlatar belakang athesi seperti Rhonda (gosipnya doi atheis). Pendapat saya pribadi, jika setelah anda membaca buku ini, khususnya bagi yang merasa "agama-nya kuat" apakah lebih menjadikan anda dekat dengan Tuhan? ataukah sebaliknya? Jika sebaliknya segera tinggalkan buku ini!

Waktu kenal buku ini kondisi saya sedang mengenaskananda. Itu sekitar Desember 2008 – April 2009 pas krisis moneter dr USA, prusahaan saya kena imbasnya. Semua karyawan gajinya dipotong smp 60%, ada yg dirumahkan, ada yg kerja 2 minggu on 2 minggu off, hampir mau di PHK karyawan2. Pdhl istri saya ga kerja krn ngasuh baby, debt collector kartu kredit ngejar2 terus, ada cicilan KPR, tanggungan biayain keluarga di kampung, beli susu, & biaya2 laen yg diitung2 gaji saya cuma setengah dari kewajibannya.

Sampe saking sulitnya kondisi waktu itu, cincin kimpoi saya gadaikan, hutang ma sohib2 kanan kiri, sekedar makanpun numpang tinggal ma mertua dg alasan biar dy ga kangen trus ma cucunya (padahal biar bisa numpang makan…hehehe). saya jg sering berantem ma bini krn duit belanja ga cukup. Paling menyedihkan pas bini kena DBD & harus dirawat, uang yg ada di tangan saya waktu itu Cuma Rp 2.600,- perak doank. Bayanginanda, harus ke rumah sakit dg uang segitu. Tapi saya ga mau minta2anda, sampe mertua & ortupun ga tau kl waktu itu saya cuma megang duit segitu. Untung kartu asuransi prusahaan bisa dipakai, walo biaya2 yg ga ter-cover pasti ada. Blum lagi biaya2 seperti makan, minum, nebus obat, dll. saya ga pikirin yg penting istri dirawat dulu. Waktu itu sampe saya ga makan seharian krn bener2 ga ada duitanda, baru malemnya sodara saya ngirimin Rp 200.000 & saya bisa makan jam 10 malem, rasanya luarrr biasaanda akhirnya bisa makan hari itu ….hehehe.

saya jg kena sakit & bed rest 2 mingguan saking stressnya. Titik baliknya pas saya sakit itu tak sengaja nemu soft file The Secret & mulai membacanya.

Waktu itu saya bener2 menghayatianda. 3 intisari yg paling saya tangkep dari buku itu ;
1. Niatin sungguh2
2. Serahkan pada ‘semesta’ (sayaandati dg serahin ke Tuhan) dg trus positive thinking
3. Terimalah hasilnya!

Lalu saya lakuin inianda ;
1. Niatin sungguh2
Waktu itu cita2 saya pindah kerja di prusahaan asing dg gaji tinggi. mimpi punya mobil V**s. ingin rumah gede di kompleks elit daerah jaktim/bogor. ingin lunasin hutang2 kredit itu. ingin punya banyak anak yatim yg saya santunin, ingin punya usaha sampingan yg banyak, dll. Sampe saya memvisualisasikan semua mimpi2 itu. saya kerja di tempat yg banyak bule2nya, ketemu para bule di lift, ngopi bareng di pantry, kantor yg luas, duit prusahaan yg banyak, dsb. saya bayangin naik mobil V**s dg kecepatan tinggi, sambil mendengarkan music yg merdu, dg suara mulut saya menderu2 & oper kopling dg tangan kiri. Gas saya injak dalam2, pokoknya kl orang liat pasti dikira orang gila. Lalu saya bayangin rumah gede dimana saya masuk ke lantai dinginnya & melihat anak saya lari2 memanggil ‘ayah datang.. ayah datang ..’, dsb. saya visualisasikan mencet2 atm & kirim transfer ke anak2 yatim, dsb. Semua saya usahain terbayang sangat2 nyata seperti sesungguhnya.

2. Serahkan pada ‘semesta’ (sayaandati dg serahin ke Tuhan) dg trus positive thinking
saya pasrahin kondisi itu pada Tuhananda. saya brusaha lupain semua masalah2 yg saya hadapi waktu itu. Toh saya pikirin sampe gila juga ga akan bikin duit turun dari langit. Dan saya terus bayangin semuanya seakan nyata. Meski masalah tetep rutin datang, saya ubah mind set saya. Yg tadinya saya stress krn dikejar2 debt collector lalu saya ubah “Kl dy nagih ya minta maaf aja blum bisa bayar, kl dy marah2 ya sabar aja, emang wajar dimarahin wong ga bisa bayar. Yg penting janji melunasi saat mampu nanti. Tuhan Maha Tahu!” Kl bini mulai nyinggung2 duit abis saya ga nanggepin emosi, cuma blg“Yuks kita minta ma yg Maha Kaya!” ehhh bini bisa diem dg itu. Yg tadinya saya berdiam diri aja meratapi nasib, saya ubah dg banyak2 sms kabar2in temen, nimbrung kumpul2 kawan ex kuliah, rajin2 email temen lama, sambung silaturahmi, aktif di millist, banyak2 lempar CV, dsb. Tp saya ga obral kondisi sulit sayaanda, kl temen nanya baru dijawab secukupnya. Sebab kata buku itu semua yg kita lakuin akan balik lagi ke kita. Kalo kita suka obral hal2 negative maka itu yg akan balik ke kita, begitu jg sebaliknya. Jadi walo lg susah saya brusaha nyembunyiin itu (bahkan mertua &ortu ga tau kondisi saya sebenarnyaanda).
Lalu saya perbaiki juga sholat sayaanda, yg dulu suka molor2 saya tertibin tepat waktu di mesjid. Minimal jamaah bareng istri. Sambil saya trus berdoa tiap saat. Sekuat mungkin saya naek motor, tp kl naek angkot masih sempetin kasih lebihan ke sopirnya, walo cuma 500 perak. saya juga banyak2 puasa, temen2 kantor blg sholeh padahal emang ga cukup duit buat makan. Kl bos ngajak makan baru saya seneng tuh .... mumpung gratis…hahaha. Maksimal saya minta dibawain bekal makan bini kl lg ga enak badan buat puasa. Buat susu anak aja saya bilangin bini suruh beli yg murah2 aja. sebenarnya ada sedikit piutang ke temen yg menurut saya waktu itu besar bangetanda & bisa buat nyambung napas, tp saya ikhlasin krn temen saya kayaknya sama kondisinya, ga tega nagihnya. Bener2 waktu itu saya nikmatin semuaanda.

3. Terimalah hasilnya!
Sekitar 5 bln saya jalanin itu semua, kondisi mulai berubahanda. Tiba2 manajer HRD dari prusahaan yg dulu pernah interview saya nelpon & minta ketemu. Doi ternyata baru pindah ke prusahaan asing & ingin rekrut saya. Langsung saya ditawarin offer yg waktu itu bikin jantung saya hampir copotanda, doi kasih basic salary belasan jeti. Benar2 saya ga percayaanda! Dan tanpa tes macem2 cuma 1x interview ma doi & lsg di offer! Senin saya ketemu, rabu offer dah di tangan! Allahuakbar!! Sebulan kemudian saya dah 1 lift ama bule2, ngopi2 di pantry, termasuk maen futsal bareng, dsb. Satu mimpi saya jadi nyataanda.
Dg gaji segitu saya percepat lunasin hutang2 kredit itu, walo skrg saya ga punya kartu kredit satupun tp saya bahagiaanda bisa ngusir dept collector itu dari hidup saya. 1 lg mimpi jd nyata.
Alhamdulillah skrg saya punya 8 anak yatim yg tiap bulan saya santuninanda. saya bener2 skrg tiap bulan bisa mencet2 tombol atm & transfer duit ke mereka, bukan sekedar visualisasi lagi. Tambah 1 mimpi yg nyata!
Tepat 1 thn 3 bln sejak saya visualisasiin nyetir sedan V**s itu, saya tetep ga punya sedan V**sanda sampe sekarang….hehehe. Tp saya nyetir sedan H***a New C**y, walo second siy. saya bisa genjot sampe 130 km/jam di tol Bakrie Road waktu mudix kmrn sambil dengerin musik. 1 lagi mimpi jd nyataanda!
saya pernah mimpi punya rumah di daerah elit jaktim/bogor, emang sampe skrg blum tercapaianda. Tp sebulan lalu prusahaan saya launching program housing ownership allowance & saya dapet giliran thn 2012 akan dapetin program ituanda. Semoga saya masih diberi nyawa Tuhan sehingga mimpi itu bisa terwujudanda. Juga impian ingin punya usaha sendiri sepertinya juga tinggal nunggu waktu karna mertua dah mancing2 mau bikin usaha brg. Semoga bisa kolaborasi nantinya.

Terakhir, apa yg saya critain sama sekali bukan bermaksud menyombongkan dirianda, tp ingin share pengalaman hidup semoga bisa jadi inspirasi anda2 yg sedang demotivasi. Semoga anda2 yg saat ini mengalami nasib berkesusahan bisa berhenti meratapi diri & menjadi optimis menatap masa depan.

No comments:

Post a Comment