Sunday 19 September 2010

[KULINER] Pizza Segi Empat Renyah

Pizza Segi Empat Renyah
Foto: Bondan W
Jakarta - Pizza kok segi empat? Bukankah lazimnya pizza berbentuk lingkaran? Sejatinya, makanan khas Italia ini memang dapat mengambil berbagai bentuk. Bila lingkarannya dilipat, dan ujung-ujungnya dilekatkan satu sama lain, maka ia akan menjadi calzone - mirip pastel besar. Bila setelah menjadi pizza kemudian digulung, maka namanyainvoltini.

Di Bogor bahkan ada kedai pizza yang menjual pizza meteran. Pembeli tinggal minta berapa sentimeter potongan yang diingini. Mirip dengan pizza yang dijual di pinggir-pinggir jalan di Italia. Dibuat di loyang besar, kemudian dipotong-potong sebesar sandwich.

Pizza segi empat ini - Rectangular Calabrese, Rp 95 ribu - adalah menu baru dari Pizza Marzano, sebuah jaringan restoran Italia yang telah memiliki enam gerai di Jakarta. Selain yang di Senayan City, juga ada di fX (Jl. Jenderal Sudirman), di Kemang, Seibu (Grand Indonesia), Citywalk, dan Formule1 di Menteng.

Pizza segi empat ini ukurannya memang sedikit lebih besar daripada yang lingkaran - karena itu cukup untuk disantap berdua. Topping-nya adalah saus tomat, basil pesto, beef pepperoni, beef sausages, paprika kuning, selada air, jalapeno (cabe rawit Meksiko), mozzarella muda, dan serutan grana padano (keju keras parmesan). Nama Calabrese menunjukkan bahwa resep ini datang dari kawasan Calabria yang terkenal suka makanan pedas berbumbu intens. Crust-nya tipis dan renyah. Krrriukkk! Top markotop!

Terus terang, saya menyukai Pizza Marzano karena menyajikan masakan yang autentik Italia. Beberapa pizza lain yang sudah pernah saya coba sebelumnya - margherita, quattro carni, quattro formaggi, funghi, frutti di mare, Rp50-75 ribu - sangat mirip dengan kualitas dan cara penyajian pizza pada umumnya di Italia. Selain itu, Pizza Marzano juga menawarkan menu yang lengkap dan beragam.

Pizza Marzano memang bukan sekadar pizzeria (gerai pizza), melainkan sebuah ristorante lengkap. Kita bisa makan lengkap - mulai dari antipasto, zuppa (soup), insalata (salad), pasta, primo piatto (first course), secondo piatto (second course), sampai dolci (dessert).

Di bagian antipasti (appetizers), ada: bruschetta, antipasti di salmone, baked mushroom with gorgonzola, dan lain-lain. Salad-nya pun bermacam-macam. Saya paling suka pilihan pasta-nya yang sangat beragam - baik jenis pasta-nya, maupun cara memasaknya. Pendeknya, lima kali kunjungan ke Pizza Marzano pun belum cukup untuk dapat mencicipi berbagai sajiannya.

Pilihan main course-nya antara lain adalah: salmone alla griglia (grilled salmon, Rp 130 ribu), lamb chop alla toscana (Rp 125 ribu), beef tenderloin (Rp 130 ribu), pollo alla arrabiatta (grilled chicken marinated in arrabiatta sauce, Rp 85 ribu).

Karena Pizza Marzano memiliki izin restoran lengkap, daftar minumannya pun melibatkan berbagai minuman beralkohol. Selain bir dan berbagai cocktail, juga tersedia wine dan sangria (minuman segar yang merupakan campuran red wine, soda, dan potongan buah segar). Tempatnya yang cozy membuat kita betah duduk berlama-lama di sana. Di gerainya yang di Kemang, kita juga bisa membuat reservasi untuk anak-anak ikut membuat pizza di dapur. (Bondan Winarno)

Pizza Marzano
Senayan City
Debenhams, GF
021 72781065

( dev / Odi )

Sumber: detikfood

No comments:

Post a Comment