Akhirnya setelah sekian lama berkembang berita dan rumor tentang tablet buatan RIM, selesai sudah penantian panjang yang penuh dengan tanda tanya, 'Blackberry Playbook'.

Tablet ini memiliki ukuran layar 7inch dengan resolusi 1024x600, agak berbeda dengan iPad yang memiliki layar 1024x728. Playbook hadir dengan dual camera HD, 3Megapixel untuk camera depan dan 5Megapixel untuk camera belakang yang support untuk keperluan HD video recording, dilengkapi juga dengan HDMI video output dimana Playbook dapat dijadikan media untuk memutar film-film high definition, support wi-fi (802.11 a/b/g/n) dan Bluetooth (2.1 + EDR).



Untuk kemampuan telefoni nantinya akan diberikan update dengan cara tethering via blackberry anda, sehingga menjadi mungkin untuk melakukan kegiatan telefoni dan akan support dengan 3G atau 4G kedepannya nanti.

Spesifikasi dan performa

Playbook menggunakan processor yang cukup handal, ARM Cortex A9 dengan 1GHz dual core processor, dengan RAM 1GB dan menggunakan OS yang disebut Blackberry Tablet OS. Playbook juga support dengan Flash 10.1 browsing, dan Multitasking. OS nya sendiri didasari dengan QNX Neutrino microkernel architecture, yang biasanya digunakan untuk system yang dipakai pada otomotif, seperti kereta api, pesawat dan industri medis.
RIM juga mengatakan bahwa OS nya fleksibel sehingga memudahkan dalam port apps & games yang dikembangkan menggunakan C atau Java.

Dimensi & Body

Secara fisik, Playbook memiliki bobot yang cukup ringan dan kecil, dimensi 130mm x 193mm x 10mm dan bobotnya 400g, bandingkan dengan iPad yang memiliki dimensi 190mm x 243mm x 13mm dan bobot 680-730g. Beratnya yang hampir setengah iPad menurut kami sangat baik untuk sebuah tablet yang dipegang menggunakan satu buah tangan.

Harga masih belum dikonfirmasi lagi oleh RIM, namun kami berasumsi tidak akan melebihi angka $600. Jika dilihat dari harga pasaran tablet pada umumnya.
Launching di US tahun depan sekitar April hingga Juni.
Namun para developer sudah bisa mulai mengembangkan software untuk device ini pada bulan Oktober depan.

Bisakah menjadi pesaing berat Apple iPad ?? Kami hanya meragukan masalah ketersediaan konten apps nya untuk Playbook, bisakah menggoyang kekuatan App pada Apple App Store ?? Tidak semudah yang dibayangkan mengingat apps yang terdapat pada iPad sudah semakin membanjir.