Sunday 10 October 2010

[HATI HATI] Indomie di BLACKLIST di Taiwan !!

Setelah Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan melakukan raziah mendadak ke beberapa toko Indonesia, menyatakan mie instant produksi Indonesia berbahaya dan dilarang jual. Menurut test yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Taiwan, Indomie memiliki 2 bahan pengawet yang tidak lolos dalam klafikasi barang import yaitu mie instant yang memiliki bahan pengawet Hydroxy methyl benzoate dan bumbu instant dengan bahan pengawet Benzoic acid.


Kepala administrasi bagian medicine food Wang Shu Fen menyatakan Hydroxy methyl benzoate biasanya dipakai untuk bahan kosmetik lotion, Taiwan sendiri melarang memakai bahan pengawet ini di dalam makanan sedangkan Benzoic Acid dipakai untuk bahan pengawet makanan tapi dilarang dipakai di mie instant. Bahan pengawet ini jika konsumsi berkepanjangan akan merusak kinerja liver, sakit maag, muntah dan keracunan Asidosis metabolik (代謝性酸中毒)

Di Taiwan beredar dua kualitas berbeda

Di Taiwan sendiri, beredar dua kualitas berbeda yaitu kualitas layak ekspor dan kualitas dalam negri. Belum diketahui pelarangan mie instant ini untuk seluruh kualitas atau hanya kualitas dalam negri yang sempat “lolos” ke luar negri.

“Tamparan” keras oleh Depkes Taiwan tentu saja tidak hanya dirasakan oleh para penjual, tetapi lebih terasa oleh pemerintah Indonesia sendiri mengenai quality control produk ekspor. Bagaimana cara produk dalam negri bisa lepas ke luar negri, menjadi pertanyaan yang harus dijawab oleh pemerintah Indonesia!

Dibalik kejadian ini, jika Depkes Taiwan menyatakan produk mie instant Indonesia berbahaya untuk dikonsumsi, bagaimana di Indonesia? Apakah pemerintah Indonesia tidak peduli dengan kesehatan penduduknya? Sedangkan kita tahu produk yang kali ini di “blacklist” oleh pemerintah Taiwan, hampir dikonsumsi oleh setiap pelosok masyarakat Indonesia.

No comments:

Post a Comment