Wednesday 30 March 2011

Sudahkah anda minum madu hari ini??



madu daerah mana ya yang paling bagus , Tapi disini saya tidak ingin menulis hal itu karena untuk menguji yang paling bagus dan tidaknya itu bersifat relatif nda tergantung situasi dimana kita berada, nah dari yang ingin saya tulis disini adalah manfaat dari minum Madu itu sendiri karena sampai hari ini pun saya pagi-pagi bangun tidur pasti selalu minum madu heee, soalnya kata nenek saya minum madu pagi-pagi sebelum sarapan itu sangat bagus??? benar ga sih heee ya aku ikuti aja karena saya ingin menjadi cucu yang taat. *wek sok alim*
Madu pasti anda semua udah tahu apa itu madu??? karena Sejak jaman dahulu, madu tidak hanya digunakan sebagai pemanis alami, tetapi juga digunakan untuk membantu penyembuhan. Banyak ramuan tradisional yang menggunakan madu sebagai bahan dasar utama, untuk membantu dan mempercepat penyembuhan. Madu bahkan telah digunakan oleh tentara Rusia selama Perang Dunia I, untuk mencegah infeksi pada luka dan mempercepat proses penyembuhannya. dan madu itu sendiri berasal atau terbuat dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah dari berbagai macam bunga. Lebah menyimpan nektar di dalam kantung madu yang ter-dapat pada sarang, sebagai makanan mereka.
Berbicara tentang madu alam banyak yang mengacu kepada Madu Alam Sumbawa katanya sih Madu alam sumbawa itu berbeda dengan yang lainnya *hikssss promosi daerah nih* kalau boleh jujur sih memang madu yang ada di pulau sumbawa itu adalah kebanyak madu alami yang langsung di ambil dari sarangnya dan hal ini dilakukan pada saat musim tertentu saja jadi wajar saja kalau stok madu alam pulau sumbawa itu terbatas sekali karena keadaan inilah yang membuat keterbatasan tersebut. Nah berikut ini manfaat dari Madu adalah:

Manfaat dari Madu:

Meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan serta menghambat bakteri yang merugikan.
** Madu membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.
** Membantu menghambat bakteri yang merugikan seperti Helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.

Memperbaiki dan melindungi sistem pencernaan.
** Efektif dalam mengatasi diare, dengan cara membantu penyerapan elektrolit dan air, serta dapat menghambat bakteri E.coli yang menyebabkan diare.
** Membantu memperlancar buang air besar, sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi/sembelit.
** Beberapa penelitian membuktikan bahwa madu dapat membantu mengatasi tukak (luka) pada lambung serta membantu melindungi lambung dari risiko terjadinya iritasi yang disebabkan karena mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan tertentu.

Membantu penyerapan kalsium.
Kandungan asam glukonat dalam madu dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Sebagai antioksidan.
Kandungan nutrisi dalam madu seperti vitamin C, asam organik, enzim, asam fenolik dan flavonoid bermanfaat sebagai antioksidan tinggi.

Sebagai sumber energi yang baik.
Madu terdiri dari fruktosa dan glukosa yang mudah diubah menjadi energi
glukosa oleh tubuh.

Aman untuk penderita diabetes.
Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula, dan aman untuk penderita diabetes.

Mempercepat penyembuhan luka.
** Madu memiliki sifat higroskopis yang tinggi (mudah menyerap air). Ketika dioleskan pada luka yang terbuka, madu menarik kandungan air dari luka tersebut, membuat luka cepat kering, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.
** Madu juga dapat mengurangi pembengkakan pada luka sehingga luka dapat sembuh lebih cepat.
** Sifat antimikroba dari madu dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi pada luka.

No comments:

Post a Comment