Thursday 27 January 2011

Cara Cepat Atasi Cegukan (Lewat Makanan)

Cara Cepat Atasi Cegukan (Lewat Makanan)
Pernah Cegukan?

Rasanya hampir semua manusia di bumi ini pernah ya. Berapa rekor cegukan terlamamu? 5 menit, 10 menit? Itu aja udah berasa lama karena kita terganggu sama suara 'hik', atau 'huk', atau bahkan saya pernah mencoba cegukan dengan mulut terbuka. Hasilnya? Seperti sedang memberi microphone pada mulut saya! Hahaha.. )


Itu masih lumayan ya kalau 'cuma' semenit dua menit, kita minum air trus beres dah. Tapi kalau bertahun-tahun? Ada lho. Pria Amerika bernama Charles Osborne mulai cegukan pada tahun 1922 , dan tetap cegukan selama 68 tahun! Cegukan itu baru berhenti secara misterius pada tahun 1990. Tapi hebatnya cegukan itu tidak menghalanginya untuk menikmati kehidupan. Dia menikah dua kali dan punya delapan anak. Wah, kebayang gak sih cegukan puluhan tahun? Lagi kerja, ada suara 'hik'. Lagi ngobrol sama teman-teman, 'huk'. Atau lagi nonton bioskop, tiba-tiba bunyi 'uhk' keras! Lebih malu kalau lagi presentasi kerja/kuliah trus cegukan? Gak kebayang deh.

Bunyi-bunyian itu karena udara di kerongkongan tersendat. Contohnya kalau habis makan makanan kering, lalu tidak minum. Alhasil udara di kerongkongan keluar tersendat-sendat. Secara medis, cegukan adalah kondisi akibat terlalu rendahnya kadar karbondioksida dalam darah. Memang tidak berbahaya, tapi yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Jangan khawatir, cegukan sekarang bisa kita atasi dengan cepat tanpa perlu menjadi seperti Charles Osborne yang menghabiskan 68 tahun bersama cegukan. Caranya dengan memanfaatkan makanan di sekitar kita, dan semuanya mudah didapat.

1. Gula
Telan saja satu sendok teh gula pasir. Ini dapat membantu mengatasi cegukan. Mekanismenya adalah gula yang lengket saat ditelan diyakini dapat mengubah ritme pernapasan, yang pada akhirnya dapat menghentikan cegukan. Cegukan juga bisa berhenti karena rasa manis yang dirasakan ujung saraf dalam mulut, terutama di bagian belakang lidah yang peka terhadap rasa asam.


Uploaded with ImageShack.us

2. Selai Kacang

Satu sendok makan selai kacang juga diyakini bisa mengatasi cegukan. Mekanismenya masih sama dengan mengkonsumsi tepung gula, yaitu selai kacang yang lengket di kerongkongan dapat mengubah ritme pernapasan.


Uploaded with ImageShack.us

3. Jeruk Nipis

Kali ini perlu kunyahan. Dengan mengunyah irisan lemon segar dapat mempengaruhi pola impuls saraf vagus, yang berdampak pada berhentinya cegukan. Selain mengunyah, menghisap atau memakan irisan jeruk nipis juga dapat mengakhiri cegukan.


4. Air putih

Minum air putih (mungkin) merupakan cara yang paling sering dipakai untuk membantu mengatasi cegukan. Mekanismenya, air yang ditelan dapat mengganggu siklus cegukan dan mengendurkan saraf. Kalau tidak ada air matang? Kumur saja. Berkumur dengan air putih juga dapat mengatasi cegukan.

No comments:

Post a Comment