Thursday 18 November 2010

BIOME, Mercy yang Bisa Mengeluarkan Oksigen

Syubhan Akib - detikOto
Gambar
dok Daimler
Los Angeles, CA - Produsen mobil mewah Jerman, Mercedes-Benz menghentak dunia dengan memperkenalkan sebuah mobil konsep yang dibangun dengan inspirasi dari alam bernama BIOME.

Mobil ini dibangun dari bahan-bahan alam yang ketika akhir hayatnya bisa digunakan sebagai kompos. BIOME muncul di LA Los Angeles Design Challenge, mobil ini dibawa oleh desainer dari Mercedes-Benz Advanced Design Studios di Carlsbad, California.

BIOME menurut Mercedes-Benz dalam rilisnya, Jumat (19/11/2010) benar-benar bisa tumbuh bersama alam sekitarnya dan mampu memancarkan oksigen murni layaknya sebuah tumbuhan.

"Sebagai penemu dari mobil bermotor, kami ingin menggambarkan visi kendaraan yang sempurna untuk masa depan, yang diciptakan dan berfungsi untuk melengkapi simbiosis dengan alam," ungkap Head of the Mercedes-Benz Advanced Design Studios di Carlsbad, Hubert Lee.

"Mercedes-Benz BIOME adalah teknologi hibrid yang natural dan bagian dari ekosistem bumi. Dia tumbuh dan berkembang seperti dedaunan di pohon," tambahnya.

Mercedes-Benz BIOME dibangun dari sebuah bahan ultra ringan yang disebut BioFibre yang membuatnya hanya memiliki bobot 394 kg. Bahan ini secara signifikan lebih ringan dari logam atau plastik, namun lebih kuat dari baja.

BioFibre mampu mengumpulkan energi dari matahari dan menyimpannya di sasis, interior dan roda dalam suatu ikatan kimia cair yang disebut Mercy sebagai BioNectar4534.

Dengan begitu, Mercedes-Benz BIOME bisa bersinergi dengan alam tanpa harus menghabiskan sumber daya seperti minyak yang kian hari kian menipis.

Dan seperti halnya tanaman, Mercedes-Benz ini pun dapat memproduksi oksigen sehingga bisa berkontribusi untuk memperbaiki kualitas udara di bumi. Pada akhir kehidupan, Mercedes-Benz BIOME dapat sepenuhnya dikomposkan atau digunakan sebagai bahan bangunan.

( ddn / ddn )
sumber det ikoto

No comments:

Post a Comment